Website Berita Rakyat

Jokowi Optimis Raih Suara Minimal 70 Persen dari Batam

BATAM, ONTOPNEWS.COM – Jokowi capres nomor urut 1 melakukan kegiatan kampanye akbar di Stadion Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning, Sei Beduk, Batam, Sabtu (6/4/2019). Meski berpanas-panasan diterpa terik matahari yang sangat menyengat, massa pendukung Jokowi tetap setia dan sangat antusias meramaikan kegiatan kampanye Jokowi yang kini masih menjabat Presiden RI ini.

Namun sebelum berkampanye, terlebih dahulu Jokowi berjalan kaki sepanjang 500 meter dengan diiringi barisan pendukung yang menampilkan kesenian daerah menuju panggung kampanye. Jokowi mengenakan celana hitam dan kemeja khasnya berlengan panjang warna putih. Di luar Stadion Temenggung Abdul Jamal, Jokowi disambut histeris oleh massa pendukungnya dengan meneriakkan yel-yel: “Jokowi! Jokowi! Jokowi!”. Dan sejumlah pendukung Jokowi berebutan menyalami Jokowi. Ada yang berhasil menyalami dan berfoto selfi dengan Jokowi. Namun, ada tak kesampaian menyalami Jokowi, yang akhirnya berjatuhan lalu pingsan karena berdesak-desakan. Namun, Jokowi segera meminta kepada panitia medis agar segera mengangkat para ibu yang pingsan itu.

Dalam kampanye terbuka Jokowi ini tak hanya diramaikan massa dari parpol pendukung yang mengibar-ngibarkan bendera warna-warni serta massa pendukung lainnya yang sangat antusias. Juga dimeriahkan pertunjukan kesenian Reog Ponorogo, Kuda Lumping serta penampilan festival lainnya terbilang unik namun sangat menarik. Dan saat menyaksikan penyambutan dari massa pendukungnya yang luar biasa di Kota Batam, Jokowi yakin akan meraih suara minimal 70 persen. Jokowi mengatakan, tahun 2014 lalu meraih suara sebanyak 59 persen. “Dengan antusiasnya masyarakat Batam, saya yakin akan meraih suara minimal 70 persen,” kata Jokowi yang disambut tepuk tangan meriah massa pendukung.

Yang menarik lagi dari penampilan Jokowi, adalah saat menyampaikan pantun. Pantun dari lelaki sederhana ini, sbb: “Terbang tinggi siang dan malam, melihat bermacam-macam kota. Tidak akan sampai di Batam saya kalau bukan karena cinta,”. Seusai pantun disampirkan, seluruh massa pendukung berteriak-teriak bergemuruh, bertepuk-tepuk tangan semeriahnya.

Dalam kampanye akbar di tanah Melayu ini, Jokowi berjanji akan segera membangun Jembatan yang menghubungkan Batam Bintan (Babin). Untuk itu, minggu depan, Jokowi memastikan tim teknis dari kementerian terkait akan mengecek rencana pembangunan jembatan Babin sepanjang 7 kiometer yang panjangnya melebihi jembatan Suramadu di Provinsi Jawa Timur itu.

Tentu, jika Jokowi terpilih lagi sebagai Presiden RI, ia akan segera merealisasikan pembangunan jembatan Babin yang diperkirakan akan menelan biaya sekitar Rp 4 trilun hingga Rp 11 triliun. “Pembangunan jembatan Babin ini sudah sejak lama diminta masyarakat Kepri. Jika saya  terpilih lagi sebagai Presiden RI, saya akan segera merealisasikan pembangunan jembatan Batam Bintan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Kepri, khususnya di Batam, Bintan dan Tanjungpinang,” kata Jokowi meyakinkan massa pendukungnya dan disambut sangat gembira sembari bertepuk-tepuk tangan.

Jokowi tak hanya berjanji akan membangun jembatan Babin. Juga berjanji dalam waktu dekat akan mengeluarkan sertifikat kampung tua di Batam. “Persoalan sertifikat kampung tua ini akan selesai paling lama tiga bulan,” katanya yang disambut lagi dengan meriah massa pendukungnya, terlebih warga yang bermukim di kampung-kampung tua di Batam.

Dalam kampanye akbar itu, Jokowi tak hanya berjanji akan merealisasikan pembangunan jembatan Babin dan menyelesaikan persoalan sertifikat kampung tua di Batam. Juga Jokowi memperkenalkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Pekerja dan Kartu Sembako Murah. Ketiga kartu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkannya. Kartu Indonesia Pintar bisa dimanfaatkan untuk kuliah, Kartu Pekerja bisa digunakan lulusan SMA/SMK, masyarakat yang di PHK, atau masyarakat yang ingin memperbaiki tingkat kualitas SDM-nya. Sedangkan Kartu Sembako Murah bisa dimanfaatkan para ibu-ibu untuk mendapatkan kebutuhan sembako murah. Untuk ketiga kartu ini, Jokowi berjanji akan merealisasikannya tahun depan karena baru tahun ini rencananya akan dianggarkan.

Jokowi datang ke panggung kampanye, pukul 15.30 WIB. Namun, sebelum Jokowi nan merakyat ini datang, terlebih dahulu grup musik Jamrud asal ibukota dan grup musik lokal menghibur massa pendukung Jokowi. Juga massa pendukung Jokowi tak ketinggalan membubuhkan tanda tangan masing-masing di atas kain putih berukuran besar dan sangat panjang bergambar Jokowi. Kampanye akbar yang dilakukan Jokowi di Batam ini berlangsung aman dan kondusif karena antara petugas keamanan dan massa pendukung Jokowi terjalin kerja sama yang baik. (junael lumban batu)