Website Berita Rakyat

KPK Turun ke Kabupaten Humbahas, Laksanakan Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi

(Foto: Diskominfo Humbahas)

DOLOKSANGGUL, ONTOPNEWS.COM – KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi)  RI yang di ketuai Direktur Koordinasi Supervisi I, Brigjen Didik Agung Widjanarko laksanakan Koordinasi dan Monitoring & Evaluasi Pencegahan Korupsi serta Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, Samosir, Tapanuli Utara, Toba dan Simalungun yang bertempat di Hotel Labersa, Kamis (14/10).
 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat perbaikan tata kelola pemerintahan daerah dalam rangka mencegah korupsi di Kabupaten Humbang Hasundutan, Samosir, Tapanuli Utara, Toba dan Simalungun. Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Humbang Hasundutan Oloan Paniaran Nababan, SH., MH Bupati Tapanuli Utara, Bupati Toba Ir. Poltak Sitorus, M.Sc, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST, Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si, dan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH.
 

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Sumatera Utara H. Musa Rajekshah, S.Sos., M.Hum dalam sambutannya mengapesiasi dan penghargaan kepada pimpinan KPK RI yang tidak hentinya memberikan perhatian serius bagi penyelenggaraan Pemerintah Daerah Di Sumaterta Utara dengan dilaksanakannya Koordinasi dan Monitoring & Evaluasi Pencegahan Korupsi serta Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Kabupaten Humbang Hasundutan, Samosir, Tapanuli Utara, Toba dan Simalungun.
 

Pada tahun 2020, capaian (Monitoring Centre for Prevention) MCP Pemerintah Provinsi Sumatera Utara adalah sebesar 88, 54 % skor ini mengalami peningkatan sebesar 0,54 % dari capaian tahun 2019 yaitu 88 %. Provinsi Sumatera Utara memperoleh peringkat ke 7 secara nasional atau naik 8 peringkat dibandingkan capaian tahun 2019 yang memperoleh peringkat 15 secara nasional, “tambah Musa Rajekshah.

Musa Rajekshah mengharapkan agar ditahun 2021 pecapaian MCP Provinsi Sumatera Utara bisa mencapai skor diatas 90 % dan naik peringkat 5 besar secara nasional. Diakhir kegiatan dilaksanakan Penandatanganan Komitmen bersama Pencegahan Korupsi Terintegrasi Kabupaten Humbang Hasundutan, Samosir, Tapanuli Utara, Toba dan Simalungun oleh Wakil Bupati Oloan Paniaran Nababan, SH., MH dan perwakilian Kepala Daerah tiap-tiap Kabupaten. Dilanjutkan dengan serah terima Sertifikasi Aset Pemda Humbang Hasundutan (milik Pemda yang terbit tahun 2021).
 

Turut hadir mengikuti kegiatan ini Ketua DPRD Humbang Hasundutan Ramses Lumban Gaol, SH, Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, SH., S.Ik., MH, Sekertaris Daerah Humbang Hasundutan Drs. Tonny Sihombing, M.IP, Inspektur Kabupaten Humbang Hasundutan Drs. Bilson Parluhutan Siahaan, MM, dan Kepala BPKPAD Humbang Hasundutan Drs. John Harry, M.MA.

 

Sumber: Diskominfo Pemkab Humbahas