Website Berita Rakyat

Tumbuhkan Perekonomian Nasional dengan Koperasi dan UMKM

Foto: UMKM batam

 

BATAM,ONTOPNEWS,COM- Sekretaris Daerah Kepulauan Riau H. TS Arif Fadillah mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo berpesan kepada seluruh jajaran baik di pusat maupun daerah untuk mendukung peran UMKM melalui Koperasi dalam rangka memulihkan perekonomian nasional.

“Bapak Presiden Jokowi berpesan bahwa UMKM menjadi salah satu sentral perekonomian yang harus segera diberikan rileksasi, restrukturisasi agar terhindar dari pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat,” ujar Arif saat mengikuti acara Penyerahan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk Koperasi melalui video conference dari Rupatama lt.4, kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (23/7).

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyampaikan pada kondisi saat ini sulit dalam mengendalikan perekonomian bahkan di dunia pun semua mengalami pertumbuhan yang menurun.

“Pertumbuhan ekonomi dunia yang terkontraksi. The World Bank mengatakan turun minus 5 persen, OECD tumbuh tapi minus 6 sampai 7 persen. Gambarannya adalah bahwa setiap bulan selalu berubah, dinamis dan bahkan sulit (karena menurun),” lanjutnya.

Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia saat kuartal pertama 2020 masih plus yakni 2,97 persen, nanti pada kuartal kedua akan jatuh minus 4 sampai 5 persen.(HKB)