Website Berita Rakyat

Usai Dilantik Ex Officio Kepala BP Batam, Rudi Tinjau Jalan dan Penanaman Pohon

(foto: humas pemko batam)

BATAM, ONTOPNEWS.COM – Sehari setelah dilantik menjadi Kepala Badan Pengusahaan Batam, Walikota Batam Muhammad Rudi langsung kembali ke Batam dan meninjau penanaman pohon ketapang kencana di median jalan kawasan Batam Kota, Sabtu (28/9) siang. Penanaman pohon dilakukan oleh Dinas Perumahan Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan (Perkimtan) Kota.

“Hari Jumat kemarin pohon sudah ditanam oleh Dinas Perkimtan. Hari ini saya tinggal mengecek saja,” ujar Rudi.

Agar pohon itu tak mati dan tumbuh subur, Rudi meminta dinas terkait untuk melakukan penyiraman dan perawatan taman di median jalan itu. Ia juga meminta Dinas Perkimtan menanam rumput di sekitar pohon yang ditanam itu.

“Saya minta juga taman di median jalan ini ditanam rumput dan disiram setiap hari dan diberi pupuk. Jadi hijau nanti kalau sudah jadi”, tambahnya.

Penanaman pohon ini merupakan program penghijauan dari pembangunan dan pengembangan infrastruktur jalan yang digagas Walikota Batam sejak 2016 yang lalu.

Kepala Bagian Humas Setdako Batam, Efrius menjelaskan Dinas Perkimtan Kota Batam melakukan penanaman pohon ketapang kencana mulai dari Simpang Fangki sampai Simpang Rosedale. Sebanyak 260 bibit pohon Ketapang Kecana ditanam di sepanjang jalan itu.

“Rentang jarak penanaman antara satu pohon dengan pohon lainnya 6 meter”, jelasnya.

Pembangunan infrastruktur jalan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Batam disejalankan dengan penghijauan. Efrius mengatakan setiap jalan yang sudah selesai dibangun, bagian median jalannya langsung dilakukan penataan taman. Begitu juga di bagian kanan dan kiri jalan akan ditanami pohon Ketapang Kencana.

“Penghijauan di Kota Batam terus kita galakkan. Sebagai bentuk keseriusan menghijaukan kota ini, setiap OPD telah dibagi tanggungjawab untuk melakukan pemeliharaan terhadap pohon yang sudah ditanam. OPD sampai tingkat kecamatan diberi tugas menyiram dan memberi pupuk pohon-pohon itu. Bahkan Pak Wali turun langsung melihat aksi pemupukan yang dilakukan OPD,” papar Efrius.(HP)