Website Berita Rakyat

RSBP Batam Akan Melaksanakan Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam

BATAM, ONTOPNEWS.COM – Rumah Sakit Badan Pengusaha (RSBP) Batam tengah melakukan persiapan untuk melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam, bayi dari Ibu Suci Riski dan Bapak Hidayat yang dilahirkan secara normal pada 7 Desember 2019.

RSBP Batam bersama Tim kembar S

(foto: ist/hbpb)

iam Batam, Tim Kembar Siam dr. Soetomo Surabaya dan Dinas Kesehatan Kepri  telah menyiapkan segala keperluan untuk menangani operasi bayi kembar siam ini, mulai dari peralatan hingga Tim Medis yang berjumlah 30 orang untuk menangani.

Adapun Tim medis terdiri dari Tim Keperawatan, Tim ICU, Tim Anastesi, Tim Bedah Anak, Tim Bedah Toraks, dan Tim Bedah Plastik.

Wadir Pelayanan Medik dan Keperawatan RSBP Batam dr. Muhammad Askar, dalam konferensi pers pada Jumat (17/1/2020) bertempat di Ruang Pertemuan Gedung B RSBP Batam, menyampaikan bahwa RSBP Batam dibantu oleh tim bedah kembar siam dari Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soetomo Surabaya saat ini memasuki tahap persiapan dan penilaian, serta mempersiapkan segala sesuatunya untuk kelancaran proses yang dibutuhkan.

Sementara itu, Spesialis Bedah Anak Konsultan RSUD Dokter Soetomo Surabaya, dr Poerwadi SpBA (K) mengatakan, kembar siam yang ditangani kali ini adalah kembar siam yang kedua di Batam.

“Batam adalah jendela untuk Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia dan Singapura. Kali ini kita mendapatkan rahmat dan berkah terhadap kasus kembar siam yang kemungkinan hidupnya besar dan bisa dipisahkan,” kata dr Poerwadi SpBA (K).

Pada kasus kembar siam ini, yang satu tidak sempurna, yaitu kembar siam yang tidak komplit.

“Bayi yang satu, kepalanya kecil dan strukturnya tidak sempurna, yakni otaknya kecil, tidak mempunyai paru-paru dan usus, serta menempel pada induknya. Dalam arti lain mendapatkan asupan hidup dari induknya,” sambung dr. Poerwadi SpBA (K).

Selanjutnya menurut Ketua Tim Kembar Siam Batam, dr Indrayanti, menyampaikan bahwa operasi pemisahan kembar siam kali ini dinilai mampu dilaksanakan di RSBP Batam.

Adapun biaya yang diperlukan untuk melakukan operasi pemisahan bayi kembar siam ini diperkirakan mencapai 1,1 milyar rupiah.

“Maka dari itu uluran tangan dari masyarakat sangat dibutuhkan bagi bayi kembar siam ini,” kata dr. Indrayanti.

Untuk bantuan dana operasi pemisahan bayi kembar siam dapat dikirimkan melalui Bank BRI, No Rek. 0331-01-006402-53-8 Atas Nama: Kembar Siam Kepulauan Riau. (cc/HBPB)