Website Berita Rakyat

Jalan Menuju Wisata Pemandian Air Panas Semangat Gunung Rusak Parah

BERASTAGI, ONTOPNEWS.COM – Tanah Karo si Malem dikenal sebagai daerah tujuan wisata di negeri ini. Banyak lokasi wisata alam yang menarik di daerah ini sehingga sejak dahulu hingga sekarang, turis nusantara maupun turis mancanegara tak pernah surut berdatangan. Namun sayang, tak jauh dari Kota Berastagi terdapat pemandangan yang merusak pandangan mata bahkan menimbulkan ketidaknyamanan. Apakah itu? Adalah jalan yang menghubungkan lokasi wisata pemandian air panas di Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka, Kota Berastagi.

Sejak dari Simpang Doulu menuju lokasi pemandian air panas Karona Family hingga menuju sejumlah lokasi pemandian air panas yang lain, jalan di sejumlah titik rusak parah. Banyak badan jalan terkelupas serta berlobang-lobang mulai dari Villa Bambu sehingga membuat pengendera sepeda motor maupun mobil harus ekstra hati-hati jika tak ingin kecelakaan. Parahnya, jika hujan datang, badan jalan bertambah parah dan sulit dilalui lantaran berlumpur dan lobang-lobang jalan bak kolam ditutupi air.

Sumber ONTOPNEWS.COM mengungkapkan, Pemerintah setempat ditengarai enggan memperbaiki jalan yang telah rusak bertahun-tahun itu, karena lokasi wisata pemandian di Desa Semangat Gunung masing-masing dikelola keluarga. “Semua tempat wisata pemandian di Desa Semangat Gunung, adalah milik sejumlah keluarga sehingga hasil kutipan yang diberlakukan masing-masing pemilik kolam pemandian, masuk ke kantong pribadi,” papar sumber itu lagi.

Pemantauan ONTOPNEWS.COM di lapangan baru-baru ini, di sejumlah lokasi menuju kolam pemandian di Desa Semangat Gunung, sejumlah oknum masyarakat melakukan pengutipan uang kepada pengendera mobil yang keluar dari lokasi wisata pemandian air panas. Namun, diduga uang hasil kutipan itu tidak disetor ke kas daerah. Andaikan disetor ke kas daerah, pasti Pemerintah tak membiarkan kondisi jalan rusak parah. Pasalnya, pengelolaan kolam pemandian air panas yang dikelola sejumlah warga masyarakat di sana, hasilnya diduga masuk kocek masing-masing karena tarif masuk ke lokasi pemandian langsung dipungut si pemilik kolam dengan harga bervariasi. (brekens)