Website Berita Rakyat

Bupati Humbahas Temu Ramah dengan Masyarakat Desa Parbotihan

(foto: ist/diskominfo kabupaten humbahas)

PARBOTIHAN, ONTOPNEWS.COM – Usai melaksanakan ibadah minggu di Gereja Katolik Stasi Santo Paulus Parbotihan, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE bersama Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Humbang Hasundutan Ny. Lidya Kristina Dosmar Banjarnahor menghadiri temu ramah dengan masyarakat di Gedung Sopo Godang Desa Parbotihan Kecamatan Onan Ganjang (23/02).

Dalam temu ramah dengan masyarakat Parbotihan, Dosmar menyampaikan bagaimana bertani yang efektif dan ekonomis kepada masyarakat Desa Parbotihan. Motto pembangunan pertanian Humbahas “Sinur Napinahan Gabe Na Niula” adalah suatu gagasan bagaimana meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya petani di Humbahas. Dalam Bahasa Batak Toba, Dosmar bertekad mengajak bagaimana agar “Puro-puro ni Ina Tarisi” (dompet ibu-ibu bisa berisi uang).

Dalam arahannya Bupati menyampaikan agar masyarakat berdamai dikeluarga, berdamai dengan tetangga (dongan sahuta), dan berdamai dengan pemerintah. “Jika kita berdamai, maka kita dapat bekerjasama dan bergotong royong untuk mencapai kehidupan yang lebih baik ke depan”.

Bagi para petani, agar dapat memperoleh bantuan dari Pemerintah harus melalui Kelompok Tani. Melalui kelompok tani, petani bisa mendapatkan pupuk bersubsidi, bantuan alsintan, bibit, saprodi, dan sebagainya.
Bupati juga menghimbau agar petani menanam komoditi unggulan yang sangat cocok dan ekonomis di daerah Kabupaten Humbahas, seoerti: bawang, kentang, kopi, jagung, dan padi.

Diakhir sambutannya, Dosmar menyampaikan bahwa tahun 2020 Pemkab Humbahas telah mengalokasikan pembangunan 39 rumah baru, 25 Ha alokasi kopi, bantuan kepada Lansia, dan bedah rumah bagi masyarakat sekitar Parbotihan.

Pada akhir acara Temu Ramah dengan Masyarakat Parbotihan, Bupati bersama Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Humbang Hasundutan Ny. Lidya Kristina Dosmar Banjarnahor berduet melantunkan lagu pujian “Ndang Alani Hagogoon Hi…”, dan hasil sumbangan yang didapat diserahkan langsung oleh Ibu Ketua TP PKK kepada kelompok Lansia Desa Parbotihan.

Turut hadir dalam temu ramah tersebut, Sekretaris Daerah Drs Tonny Sihombing, MIP, Para Asisten, Pimpinan OPD, Camat Onan Ganjang dan Tokoh Masyarakat.(DKIHH)