Website Berita Rakyat

Bupati Dosmar Banjarnahor Buka Rakorda Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020

(foto: ist/diskominfo kabupaten humbang hasundutan)

DOLOKSANGGUL, ONTOPNEWS.COM – Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, SE buka Rapat Koordinasi Daerah Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Kabupaten Humbang Hasundutan, baru-baru ini di Aula Hutamas Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggul. Kegiatan ini bertujuan mensukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) 2020 baik melalui online dan wawancara.
 

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Humbahas, Drs. Tonny Sihombing, MIP mengatakan bahwa pelaksanaan SP 2020 sangat membutuhkan keterlibatan kita semua masyarakat terutama Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Tenaga Harian Lepas (THL).

Pada Sensus Penduduk 2020 online yang dilaksanakan sampai 31 Maret 2020, Kabupaten Humbang Hasundutan menargetkan 10 persen untuk mengisi data secara mandiri atau kurang lebih 4.844 KK .Untuk itu, Bupati Humbang Hasundutan menginstruksikan kepada Pimpinan OPD untuk mengoptimalkan ASN dan THL yang ada di dinas masing-masing untuk mengisi data secara online sebelum tanggal 29 Pebruari 2020, demikian halnya dengan Kepala Sekolah SMA/ SMK untuk mengoptimalkan potensi guru-guru dan anak didik.

Kepala BPS Kabupaten Humbahas Ir. Rudy Harlon Harianja dalam paparan tertulisnya menjelaskan Sensus Penduduk (SP) 2020 sudah 7 kali dilaksanakan sejak Indonesia merdeka. Namun pada SP 2020 akan ada perubahan konsep dan metodologi yang digunakan dalam mendapatkan data kependudukan. SP 2020 dalam pelaksanaannya menggunakan metode kombinasi yaitu menggunakan data administrasi kependudukan dari Ditjen Dukcapil sebagai basis data dasar yang kemudian dilengkapi pada pelaksanaan sensus penduduk 2020.Hal ini sejalan dengan Perpres Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Dalam pengumpulan data BPS menggunakan dua cara yaitu sensus penduduk secara mandiri dengan sistem daring/online di sebut SP online yang dilaksanakan pada tanggal 15 Februari-31 Maret 2020. Cara yang kedua petugas sensus penduduk akan mendatangi setiap rumah warga untuk dilakukan wawancara terkait sensus penduduk yang akan dimulai pada 1-31 Juli 2020

Pelaksanaan sensus penduduk juga nyatanya memerlukan dukungan dari berbagai pihak dalam pelaksanaannya; yaitu dukungan Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Humbahas. BPS Kabupaten Humbahas juga telah melakukan beberapa upaya, seperti Sosialisasi ke SMA/SMK “Kita juga sudah melakukan Koordinasi dengan Seluruh Organisasi Perangkat Daerah Pemkab dan akan mensosialisasikan SP 2020 di sepuluh kecamatan,” ujarnya

Harapannya dengan Sensus Penduduk 2020, BPS juga dapat mengupdate data masyarakat yang disesuaikan dengan data penduduk pada Disdukcapil Humbahas. Hadir dalam rakor tersebut seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkab Humbahas, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD dan Forkopimda Kabupaten Humbahas.(DKIKHH)