Website Berita Rakyat

Petugas Diskar Berupaya Memadamkan Api Kebakaran Pasar Kosambi

BANDUNG, ONTOPNEWS.COM – Petugas  Dias Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung sampai Minggu (19/5/2019) siang, masih terus berusaha memadamkan api kebakaran di Pasar Kosambi, Jln. Jendral Ahmad Yani.

Kebakaran yang terjadi pada Sabtu (18/5/2019), di basement Pasar Kosambi, masih menyisakan api di sejumlah titik. Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, Minggu (19/5/2019) pagi, memantau langsung upaya yang dilakukan petugas Diskar PB Kota Bandung.

Informasi dari Diskar PB Kota Bandung, laporan kebakaran diterima petigas sekitar pukul 21.00 WIB dari warga bernama Rahman.

Keterangan yang dihimpun Diskar PB di lokasi menyebutkan, antara pukul 19.30-20.00 WIB, Serucity Pasar Kosambi, Roby Ahmad yang melakukan patroli, belum mihat ada tanda-tanda kebakaran.

Baru pukul 20.30 WIB, Roby mendapat laporan dari petugas PHL Sampah bahwa kios kelapa yang terletak di semi basement terbakar. Security langsung melakukan pemadaman awal dengan menggunakan APAR sebanyak 20 tabung. Karena api terus membesar, pukul 21.00 WIB, peristiwa kebakaran dilaporkan ke Diskar PB Kota Bandung.

Petugas Diskar PB Kota Bandung yang sampai di lokasi empat menit setelah menerima laporan atau sekitar pukul 21.04 WIB, langsung pencarian titik api dengan menggunakan Thermal Imaging Detector. Karena asap cukup pekat di lokasi kebakaran, petugas menggunakan blower portable mengeluarkan asap.

Di sekitar lokasi kebakaran terdapat 250 jongko. Petugas berhasil melokalisir api sehingga tidak merembet ke lokasi lain. Sebanyak 1.050 jongko di lantai semi basement dan lantai 3 berhasil diselamatkan.

Sampai saat ini, penyebab kebakaran masih diselidiki. Tidak ada korban dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di Bulan Ramadan ini.

Upaya pemadaman yang dilakukan Diskar PB melibatkan 7 unit Pancar Pusat, 2 unit Pancar UPT Timur, 1 unit Pancar UPT Barat, 2 unit Pancar UPT Utara, 2 unit Pancar UPT Selatan, 1 unit tanki, 3 unit rescue, 1 unit Quick Respon, 1 unit blower mobile, dan 3 unit komando. Keseluruhan 23 unit yang diturunkan Diskar PB Kota Bandung.

Selain itu, Diskar PB Kota Bandung mendapat dukungan 4 unit ambulance PMI Kota Bandung, 1 unit ambulance PMI Kota Cimahi, 1 unit ambulance Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, 1 unit ambulance LSM GMBI, dan 1 unit PLN.

Juga bantuan dari Bhabinkamtibmas, Babinsa, Inafis Polrrestabes Bandung, Polsek Sumur Bandung, dan Satpol PP Kota Bandung. (HPB)