Website Berita Rakyat

Jokowi – Amin Unggul 152 Suara di TPS 63

BATAM, ONTOPNEWS.COM – Pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin unggul sebanyak 152 suara di TPS 63 RT.001/RW.011, Kelurahan Sagulung Kota, Kecamatan Sagulung, Kota Batam. Sedangkan pasangan Prabowo – Sandi hanya memperoleh sebanyak 17 suara.

Jumlah pemilih yang mencoblos di TPS 63 ini mencapai 169 orang, yakni sebanyak 137 orang menggunakan C6 dan DPK sebanyak 32 orang.

Meski DPT jumlahnya sebanyak 189 orang di TPS 63, namun tidak semua mempergunakan hak pilihnya dengan berbagai penyebab, antara lain tidak mendaftarkan diri ke TPS, tidak datang tepat waktu untuk mendaftar sehingga gagal memilih.

Calon Pemilih Kecewa

Sejumlah calon pemilih yang tidak memiliki C6 namun memiliki e-KTP  yang beralamat di RT.001/RW.011, juga gagal memilih meski telah melapor/mendaftar dibawah pukul 13.00 WIB. Semula mereka dijanjikan bisa memilih di TPS 63, namun akhirnya pihak panitia tidak memperbolehkan mencoblos.

“Sejak pukul 07.00 WIB saya sudah hadir di TPS. Setelah selesai waktu pendaftaran bagi calon pemilih yang memiliki C6, kemudian saya mendaftar dengan menunjukkan e-KTP milik saya. Namun selanjutnya yang terjadi setelah mendekati pukul 13.00 WIB, saya tidak diperbolehkan mencoblos dengan alasan kertas suara yang tersisa lebih diutamkan untuk calon pemilih yang mengantongi C6 yang belum datang mendaftar,” kata Maruli yang tinggal tidak jauh dari TPS 63.  

Maruli sangat kecewa dengan cara pelayanan panitia penyelenggara pemilu di TPS 63 ini. “Kalau memang tidak bisa mencoblos di TPS 63, mengapa hingga mendekati pukul 13.00 WIB baru diberitahu dan saya disarankan  memilih di TPS yang lain yang masih satu RW!” kata Maruli sangat kecewa. Kendati demikian, Maruli mendatangi beberapa TPS lain agar bisa mencoblos, namun ditolak dengan alasan waktu pendaftaran telah ditutup. Bukan hanya Maruli sangat kecewa. Juga puluhan lagi pemilik e-KTP merasa sangat kecewa karena tidak bisa menyalurkan hak pilihnya kendati didampingi ketua RW maupun ketua RT untuk memilih di TPS lain yang masih satu RW. (junael lumban batu)