Website Berita Rakyat

Jadwal Pemungutan Suara di Sagulung Molor Hingga 2 Jam

Pemungutan suara di TPS 63. (foto: ontopnews.com)

BATAM, ONTOPNEWS.COM – Seyogianya pemungutan suara dalam Pemilu 2019 secara serempak dimulai pukul 07.00 WIB, namun di sejumlah TPS di Kelurahan Sagulung Kota, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, baru dimulai pukul 09.00 WIB.

Sebagaimana pantauan ONTOPNEWS.COM, Rabu pagi (17/04/2019) di TPS 63 yang berada di RT.001/RW.011, Kelurahan Sagulung Kota, Kecamatan Sagulung, sejak pukul 07.00 WIB sejumlah calon pemilih telah berdatangan ke TPS. Namun, merasa kecewa karena belum dimulai pemungutan suara lantaran kotak suara belum datang dari Kantor Kelurahan Sagulung Kota.

Juga di TPS 27 yang berada di RT.002/RW.006, Kelurahan Sungai Langkai, Kecamatan Sagulung, sejak pukul 07.00 WIB sejumlah calon pemilih sudah hadir namun belum bisa menyalurkan suara masing-masing sehingga merasa kecewa karena kotak suara belum datang dari Kantor Kelurahan Sagulung.

Ketika dikonfirmasi ihwal keterlambatan tibanya kotak suara di TPS 63, Anggota KPPS 1 di TPS 63, M.Ridwan, tidak bisa menjawab dengan jelas karena memang tak mengetahui sama sekali apa penyebabnya.

Akibat molornya waktu pemungutan suara itu, seluruh anggota KPPS jadi kalang kabut mempersiapkan apa-apa saja yang dibutuhkan dalam kegiatan pemungutan suara. Untuk mempercepat waktu, para calon pemilih yang sejak lama hadir, dipersilahkan mendaftar dengan membawa Formulir C6 berikut E-KTP. Setiap sesi pendaftaran dibatasi hanya 20 orang calon pemilih kemudian berlanjut lagi sesi pendaftaran berikutnya yang juga dibatasi hanya 20 orang calon pemilih. Sementara anggota KPPS lainnya sebanyak 3 orang di meja panitia sibuk menandatatangani setiap surat suara yang baru datang itu dan beberapa anggota lainnya memberikan tanda pengenal untuk saksi-saksi dari berbagai partai, saksi presiden dan wakil presiden dan saksi DPD.

Dan selanjutnya pada pukul 09.00 WIB, dimulai pemungutan suara bagi yang mendaftar pada sesi pertama, yakni sebanyak 20 orang calon pemilih yang dipanggil secara bergiliran oleh panitia.

Meski jadwal pemungutan suara molor hingga berjam-jam, namun tidak menimbulkan keributan sehingga jalannya kegiatan pemungutan suara berlangsung cukup kondusif bernuansa kegembiraan. (junael lumban batu)