Website Berita Rakyat

Realisasi PMDN Capai Rp 1,71 Triliun, DPRD Batam Dukung Upaya Peningkatan Investasi

Batam
ONTOPNEWS.COM BATAM Realisasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Batam menunjukkan optimisme yang menggembirakan di triwulan I 2024. Data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Batam mencatat realisasi PMDN mencapai Rp 1,71 triliun atau melampaui target Rp 7 miliar.

Kepala DPMPTSP Kota Batam, Reza Khadafi, mengatakan capaian luar biasa ini menunjukkan tingginya minat investor untuk menanamkan modal di Batam.

“Hal ini tak lepas dari kemudahan perizinan yang ditawarkan oleh Pemko Batam,” jelasnya Rabu (26/6).

Sistem online terintegrasi dengan OSS RBH dan kemudahan proses perizinan, mulai dari kategori risiko menengah rendah hingga menengah atas, menjadi daya tarik utama bagi para investor.

“Rata-rata PMDN di Batam bergerak di sektor menengah rendah dengan nilai di bawah Rp 5 miliar. Proses perizinannya mudah dan bisa diakses dalam hitungan jam, sehingga investor bisa segera memulai usahanya,” terangnya.

Data menunjukkan sektor terbesar PMDN adalah perumahan dan kawasan industri, yang menunjukkan kebangkitan sektor tersebut dibandingkan tahun sebelumnya.

“Hal ini menunjukkan bahwa sektor industri di Batam mulai menggeliat kembali,” kata Reza.

Selain itu, sektor perumahan dan properti juga menunjukkan pertumbuhan yang positif, sejalan dengan naiknya pendapatan daerah dari BPHTB.

Kemudahan investasi dan sistem online yang terkoneksi menjadi nilai tambah bagi Batam, menjadikan kota ini tujuan investasi yang menarik.

“Kami terus melakukan promosi dan menawarkan kemudahan investasi, sehingga investor memiliki banyak pilihan untuk menanamkan modal mereka di Batam,” tambah Reza.

Upaya Pemko Batam dalam menarik investor ini mendapat apresiasi dari DPRD Batam. Anggota Komisi 1 DPRD Batam, Safari Ramadhan, menilai kinerja DPMPTSP sudah cukup baik, termasuk koordinasi dengan pihak terkait.

“Bahkan kemudahan perizinan sudah dilakukan dengan sistem OSS RBH yang terkoneksi dengan pusat,” kata dia.

DPRD Batam juga turut membantu menyelesaikan kendala yang dihadapi investor terkait regulasi di tingkat kementerian.

“Kami selalu memfasilitasi bersama PTSP hingga sampai ke pusat,” tutupnya. (*)